20040406

Alhamdulillah, tugas gw sebagai anggota KPPS untuk pemilu tahap I udah selese.
Tiga hari (Sabtu, Minggu, dan Senin) betul2 hari yg melelahkan.
Hari Sabtu, 3 April 2004, gw tetap masuk kantor. Gw pindah ruangan karena ruangan lama kagak cukup tuk nampung gw dan staf baru gw. Selese pindahan jam 14.00. Itupun line telepon dan LAN blom tersambung (tugas bagian umum). Jam 15.10 gw jemput yyg yg lembur. JJS dulu ke carrefour, trus malming di ruma yyg. Ada berita bagus dari yyg, Ortunya ternyata udah menetapkan tgl hari H buat pernikahan tanpa menunggu surat pengangkatan dari kantor yyg. Calon mertua siap menerima keputusan dari kantor yyg. Gw sich lom tau tglnya, namun kayaknya calon mertua mo datang minggu ini menemui ortu gw.
Minggu, 4 April 2004, gw bangun kesiangan. Jam 9.00 gw temui ketua KPPS VIII tuk nyerahin dana operasional TPS dan uang kehormatan anggota KPPS. Dari ruma ketua KPPS, kite langsung menuju lokasi TPS. Setelah melihat kondisi TPS, ketua memberi penjelasan mengenai tugas2 anggota, baik untuk besok maupun untuk hari minggu itu, gw diminta menyiapkan beberapa hal, seperti petunjuk arah dll. Ba'da Ashar, kotak suara yg tersegel tiba di ruma ketua RW (bokap gw). Langsung didistribusikan ke ruma yg berdekatan dgn lokasi TPS (di RW gw, ada 8 TPS) dgn dikawal Pamsung. Ba'da Maghrib, gw kembali ke lokasi TPS, ngobrol2 dgn anggota laen, sekalian jagain kotak suara. Tiap jam ada aza yang datang ngecek lokasi dan kotak suara, ada Lurah dan stafnya, PPS, binmaspol, polisi dari polsek Pancoran, dll. Gw balik sekitar jam 23.00, tapi di tengah jalan mampir dulu ke TPS tetangga (TPS VI), katanya ada permasalahan kelengkapan administrasi. Tapi setelah dicek, ternyata terselip. Jam 1 pagi baru bisa tidur.

D-Day

Senin, 5 April 2004.
Gw bangun jam 5, mandi, shalat, sarapan (nyokap gw sampe nyediain segelas susu, segelas vit C (Re******), bubur kacang ijo, dan nasi plus). Jam 6.10 gw brangkat ke TPS (harusnya jam 6.00 udah tiba di TPS :D). Jam 7.00, rapat pemungutan suara dimulai, fungsi gw adalah sebagai anggota KPPS II, ada disamping Ketua (merangkap anggota KPPS I).
Jam 10.30, udah nggak ada lagi pemilih yg datang. Ketua RT setempat meminta Daftar Pemilih Tetap, die pengen ngecek warganya yg udah terdaftar tapi belom milih. Trus die samperin dech tu warga. Hasilnya datanglah 6 orang pemilih laennya.
Setelah dilakukan perhitungan, dgn dihadiri saksi dari 6 parpol (PPP, PAN, PKS, PDIP, PKB, dan Golkar), didapat hasil untuk DPR dan DPRD diraih mayoritas oleh PKS (59 suara DPR dan sekitar 50-an suara DPRD) sedangkan DPD, suara mayoritas diraih oleh calon nomor 29 (KH. Drs. Saifuddin Amsir) dgn 37 suara.
Pemilih untuk TPS 8 Kel. Rawajati, Kec. Pancoran sendiri berjumlah 276 orang, dgn jumlah pemilih yg hadir dan memberikan suara sebanyak 208 orang.
Pelaporan ke PPS (kantor kelurahan) selese jam 23.20. Gw tidur jam 00.00.

Akibatnya gw telat nyampe kantor (jam 9.23 baru nyampe :) ).

Alhamdulillah untuk wilayah DKI Jakarta sampe sekarang (6 April 2004 pkl 18:34 WIB), PKS masi berada di urutan pertama. Dan untuk nasional meraih peringkat 4.

No comments: